lotteria-vincitore

memenangkan 22 juta tetapi ditangkap karena “pengedaran narkoba”

Kutukan lotere menyerang lagi. Mantan tukang ledeng Joshua W. dari Adelaide pada tahun 2017 memenangkan jackpot A $ 22 juta (sekitar € 14 juta) yang diberikan oleh lotere Powerball Australia Selatan setempat.

Joshua berusia 22 tahun saat itu dan memiliki kehidupan yang sangat normal. Hujan uang yang turun begitu mudah dari langit mungkin membuatnya tidak stabil. Beberapa minggu yang lalu, pada bulan Agustus, ia dijatuhi hukuman 3 tahun 9 bulan penjara karena memasok obat MDMA sintetis tetapi juga karena menahan senjata api ilegal yang tidak dilaporkan.

Uang yang dimenangkan oleh Lotere dikelola oleh orang tua dalam dana perwalian

Fakta-fakta tersebut terjadi pada tahun 2020. Polisi mendobrak rumahnya (mendapati rumahnya setengah hancur) dan mengejutkannya dengan 28,3 gram MDMA, 2,27 gram kokain, beberapa mariyuana, pistol Mauser, dan amunisi.

Untungnya, orang tua mengelola uang kemenangan dengan menciptakan dana perwalian untuk putra mereka, tetapi ternyata itu tidak cukup untuk memastikan dia memiliki standar hidup yang lebih baik (dalam arti kata yang sebenarnya).

Rumahnya telah diubah menjadi semacam “disko”, sebuah rumah pesta, tempat pertemuan para pecandu narkoba dan freeloader.

Ketika polisi menggeledah rumahnya, mereka menemukan wadah nitrous oxide, botol anggur dan bir kosong berserakan di lantai, pakaian dan sampah kotor, serta semangkuk kokain di lemari es.

Hukuman berat 3 tahun 9 bulan

Selama persidangan, Hakim Heath Barklay berbicara kepada terdakwa dengan nada paternalistik: “Karena uang yang Anda menangkan, Anda tidak memiliki motivasi untuk bekerja atau terlibat dalam kegiatan rekreasi lainnya.”

Dengan kepemilikan 28,3 gram MDMA, batas antara peredaran narkoba dan kepemilikan sangat kabur. Hakim, bagaimanapun, tampaknya telah mengesampingkan keuntungan: “Anda punya banyak uang, sehingga Anda mampu membeli obat-obatan dalam jumlah besar yang Anda konsumsi dan juga diberikan kepada teman-teman yang diduga”.

Namun, hukumannya tidak ringan dengan lebih dari 3 tahun dan 9 bulan penahanan. Salah satu masalah paling serius menyangkut kepemilikan senjata. Hakim kemungkinan besar ingin memberinya pelajaran yang bagus.

Namun, fakta bahwa ia memenangkan lotre (sertifikat kemenangan komisi lotere negara dibingkai di rumah) meringankan posisinya karena terbukti bahwa anak itu tidak tertarik menghasilkan uang dari narkoba.

Harap diperhatikan: foto di sampul adalah generik, anak laki-laki dalam gambar adalah model yang tidak terkait dengan fakta yang diceritakan dalam artikel (Foto Shutterstock)

Author: Russell Morgan